Final Project STI

Final Project STI

Nama    :

Fandi Pranata Jaya       05111740000056
Jeremy Vijay Wongso  05111740000062


Kelas:

STI - B

Zombie Survival



1) GAME DESCRIPTION

Tujuan Game:
Bertahan dari zombie selama mungkin dengan nyawa yang disediakan dan meraih score sebanyak-banyaknya.


Control:
Gerak                                   : Arrow Keys
Tembak                                : Space
Ganti senjata                        : 1 ( Pistol, Damage: 2 )
         : 2 ( Machine Gun, Damage: 1 )

Platform yang digunakan untuk membuat game ini adalah Scratch.

Semua coding yang terdapat pada game ini dilakukan oleh kami sendiri dan tidak mengambil code dari manapun.

Copyright Disclaimer: Sprite dan sound yang kita gunakan berasal dari internet / sudah tersedia pada platform scratch.

Beberapa referensi yang kita gunakan dalam pembuatan game ini:

2) REFERENSI GAME

Game ini terinspirasi oleh game bernama “Alien Shooter” namun ada perbedaan-perbedaan pada game ini :


1) Alien Shooter memiliki mode level dan mode pada game ini bersifat endless
2) Tampilan pada game ini hanya 2D dan dilihat secara top down view
3) Pada game ini hanya terdapat 2 senjata yaitu Pistol dan Machine Gun (Pilihan senjata tidak banyak untuk membuat game lebih menantang)
4) Pada game ini tidak tersedia “cheat”.


3) ASSET PADA GAME

Backdrops:

Main Menu

Stage

Game Over


Sprites:

Judul

Start (Button untuk memulai game)

Karakter Utama Memegang Pistol (Single Fire dengan damage 2)

Karakter Utama Memegang Machine Gun (Rapid Fire dengan damage 1)

Peluru  (Bila dalam mode rapid fire, peluru bergerak tidak seakurat single fire)

Zombie (Normal) (Zombie dengan health 4 dan speed 1)

Zombie (Strong) (Zombie dengan health 8 dan speed 0.5)

Zombie (Very Strong) (Zombie dengan health 12 dan speed 0.5)


Sound


Background music pada saat main menu dan game over = “Plants vs Zombies Soundtrack  [Main Menu]”
Background music pada saat in – game = “Plants vs Zombies Soundtrack  [Night Stage]”
Wolf Howl (Scratch) = Saat start di klik menandakan game akan dimulai.
Clap Beatbox (Scratch) = Saat pointer mouse “hovering” ada tulisan start.
Pop (Scratch) = Saat karakter menembakan peluru.
Pain Sound = Saat karakter terkena zombie.
Level Complete Sound = Saat naik level.


4) PENJELASAN POTONGAN PROGRAM

Judul
Judul akan tampil pada saat bendera hijau di klik dan setelah menerima broadcast start maka judul akan disembunyikan sampai pemain menekan bendera hijau lagi.





Background
Ketika bendera hijau diklik, maka background yang ditampilkan adalah background menu. Saat berada pada background menu, maka dimainkan bgm menu sampai background berganti. Saat bermain maka bagckground yang ditampilkan adalah background stage dan dimainkan bgm in – game sampai game berakhir. Game berakhir pada saat life player  = 0. Pada saat game berakhir maka ditampilkan background game over dan dimainkan bgm menu kembali.





Start Button
Ketika bendera hijau di klik, maka tampilkan tombol start, sembunyikan life, score, high score, level, di set nilai awal high score = 0 dan nilai awal level = 1. Pada saat tombol start tersentuh oleh mouse, maka tampilkan costume 2 dan mainkan sound effect, jika tidak maka tampilkan costume 1. Pada saat game over, maka tampilkan seperti saat bendera hijau di klik, tetapi high score ditampilkan dan high score tidak diberi nilai awal lagi. Pada saat tombol start ditekan, maka mainkan sound effect wolf howl sampai selesai, kemudian sembunyikan tombol start, tampilkan life, level, dan score, nilai level di set = 1, sembunyikan high score, menghentikan semua suara, mengganti background menjadi stage sehingga permainan dimulai, dan broadcast start.





Player
Pemain dapat menggerakkan karakter utama dengan Arrow Up untuk maju, Arrow Down untuk mundur, Arrow Left untuk berputar berlawanan jarum jam, Arrow right untuk berputar searah jarum jam. Pada saat permainan dimulai karakter utama akan muncul pada posisi x = -194 dan y = -8, dengan nyawa sebanyak 3 dan memegang pistol. Untuk menembakkan peluru kita bisa menekan tombol space. Untuk mengganti senjata ke machine gun kita bisa menekan tombol 2 dan Untuk kembali ke pistol kita bisa menekan tombol 1. Pistol dengan single fire dan damage lebih besar, Machine Gun dengan rapid fire dengan damage lebih kecil. Jika zombie menyentuh karakter utama maka life berkurang 1 dan karakter utama mengeluarkan suara argh. Jika nyawa dari karakter utama habis. Maka game akan berakhir.





Zombie
Permainan dimulai saat background berganti menjadi stage. Kemudian setiap waktu tertentu maka akan dibuat clone dari zombie. Waktu pembuatan clone ini bergantung kepada level. Setiap level bertambah besar maka jeda waktu akan semakin kecil. Clone dari zombie ini dirandom antara normal, strong, dan very strong zombie. Normal zombie memiliki nyawa 4 dan kecepatan gerak 1, Strong zombie memiliki nyawa 8 dan kecepatan gerak 0.5, dan very strong zombie memiliki nyawa 12 dan kecepatan gerak 0.5. Jika dapat membunuh normal zombie maka mendapatkan score 1 poin, strong zombie 2 poin, dan very strong zombie 3 poin. Zombie bergerak menuju player.





Peluru
Jika tombol space ditekan maka peluru akan ditampilkan dan dibuat clone sebanyak penekanan tombol space. Untuk peluru pistol arahnya sangat akurat dengan rapid fire yang rendah. Sedangkan untuk peluru machine gun arahnya kurang akurat dengan rapid fire yang tinggi. Setiap peluru ditembakkan maka diberi sound effect.





5) GAMEPLAY
Klik Bendera Hijau untuk membuka permainan dan menuju menu atau juga berguna untuk reset. Kemudian klik tombol start untuk memulai permainan. Jika game berakhir maka bisa bermain lagi hanya dengan mengklik tombol start lagi. Merupakan Survival Game dan semakin tinggi level semakin susah untuk bertahan hidup. 
(High Score hanya berlaku jika bermain lagi tanpa mengklik bendera hijau)
Control:
Gerak                                   : Arrow Keys
Tembak                                : Space
Ganti senjata                        : 1 ( Pistol, Damage: 2 )
         : 2 ( Machine Gun, Damage: 1 )

* Lag dapat terjadi karena banyaknya asset yang terdapat di game ini. Kelancaran gameplay tergantung pada spec PC/laptop masing-masing *




Comments

Popular posts from this blog

Tugas 1 APSI-Sistem Informasi

Tugas APSI - Use Case Penerbitan Kanisius