Tugas 1 APSI-Sistem Informasi

TUGAS 1 APSI
Analisis Sistem Informasi OLX

Fandi Pranata Jaya
05111740000056
APSI - C

Pengembangan sebuah perusahaan tidak terlepas dari adanya 4 komponen utama sistem informasi, yakni:



1. TPS (Transaction Processing Systems)


TPS adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS berfungsi pada level organisasi yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan eksternal.
Pada studi kasus Hypermart, yang merupakan TPS adalah kasir dan karyawan

2. MIS (Management information Systems)
MIS mendukung spektrum tugas-tugas organisasional yang lebih luas dari TPS, termasuk analisis keputusan dan pembuat keputusan. MIS menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat keputusan, dan juga dapat membantu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi (basis data).
Pada studi kasus Hypermart, yang merupakan MIS adalah supervisor dari para karyawan

3. DSS (Decision Support Systems)
DSS hampir sama dengan MIS karena menggunakan basis data sebagai sumber data. DSS bermula dari MIS karena menekankan pada fungsi mendukung pembuat keputusan diseluruh tahap-tahapnya, meskipun keputusan aktual tetap wewenang eksklusif pembuat keputusan.
Pada studi kasus Hypertmart, yang merupakan DSS adalah manager tiap cabang market

4. EIS (Executive Information Systems)
Executive Information System (EIS) adalah sistem computer-based yang membantu executive dalam mengakses data dan informasi untuk mengetahui suatu permasalahan, meneliti solusi yang akan diberikan, dan menunjukkan proses strategic planning.
Pada studi kasus Hypermart, yang merupakan EIS adalah direktur utama pemilik perusahaan


OLX


OLX Indonesia (sebelumnya bernama tokobagus.com dan berniaga.com) adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara daring. OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk elektronikotomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja. Dalam melakukan transaksi di OLX Indonesia, baik jual ataupun beli, juga tidak dikenakan biaya. Tidak hanya itu, OLX Indonesia juga dapat menjadi search engine yang friendly karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine seperti Google juga akan menemukan iklan tersebut. OLX Indonesia memiliki slogan "Cara Tepat Jual Cepat".


Klasifikasi Fitur Aplikasi

Adapun fitur-fitur OLX sebagai berikut :

1. Teknologi End User :
          - Aplikasi android 
          - Aplikasi iOs
          - Aplikasi web

2. Teknologi Database : Cloud computing 

3. Payment : 
          - Dana 
          - wiretransfer 
          - indomaret 
          - Rekening Bersama 
          - dll

4. Customer Service : 
          - Email 
          - call center 

          - social media


Sistem Informasi pada OLX

Diagram Sistem Informasi OLX:


1. Transaction Processing Systems

Pada OLX, transaction processing systems berupa pemasangan iklan oleh penjual dan pembelian barang oleh pembeli dengan cara melakukan persetujuan dengan pihak penjual melalui whatsapp, sms, telp, atau chat lewat aplikasi OLX.



2. Management Information Systems

Pada OLX, Management Information System berupa laporan data, monitoring layanan, customer relationship management, data-data traffic maupun berapa banyak pengguna ataupun data pengunduhan yang ada di PlayStore/Web.


3. Decision Support Systems

Pada OLX, Decision Support Systems berupa data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya yang menjadi acuan manajer OLX sebagai bahan keputusan untuk usaha dan pengembangan layanannya.

4. Executive Information System

Pada OLX, Executive Information Systems berupa data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya untuk menentukan penaikan saham dan peningkatan keseluruhan perusahaan OLX.


Screenshot Interface




Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Nama : Fandi Pranata Jaya
    NRP : 05111740000056
    Kelas : APSI - C
    Link : OLX

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tugas APSI - Use Case Penerbitan Kanisius